Search
Close this search box.
Jumat, 14 Juni 2024

KOMPETISI sepak bola BRI Liga 1 musim 2023-2024 turut membawa berkah bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Seperti yang terjadi pada pertandingan antara Persija Jakarta melawan Persikabo 1973 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada awal November silam.

Di balik keseruan laga tersebut, ada pula pelaku UMKM yang mendapatkan ‘berkah’ dari pertandingan tersebut. Terdapat beberapa booth merchandise dari suporter Macan Kemayoran yang menjajakan atribut kebanggan klub, di ring road Stadion Patriot.

Orange All Shop (OAS) menjadi salah satu booth merchandise yang ramai dikunjungi fan Persija Jakarta, yakni Jakmania. Muhammad Nursalim, salah satu staff OAS, mengatakan bahwa mendapatkan pemasukan yang lumayan dari berjualan di ring road Stadion Patriot.

OAS merupakan salah satu toko resmi Jakmania. Mereka menjual produk-produk sendiri seperti t-shirt, jaket, syal dan juga produk official Persija. Karena desain yang menarik dan juga menjual produk resmi Persija, OAS banyak diserbu oleh para fan Persija.

“Sangat lumayan, biasanya kita mendapatkan keuntungan sekitar Rp3 sampai Rp5 juta. Bahkan dulu pernah mencapai keuntungan sebesar Rp7 juta,” kata Nursalim.

“Ya, setiap pertandingan ada saja yang beli merchandise di OAS. Sangat membantu untuk pelaku usaha seperti kita,” lanjutnya.

Selain merchandise, usaha makanan juga cukup laris saat pertandingan berlangsung. Makan Kebab menjadi salah satu yang membuka kedai di saat pertandingan berlangsung. “Ya, hasilnya lumayan untuk sekali pertandingan. Keuntungannya bisa lebih dari hari-hari biasa,” ujar pemilik Makan Kebab, Moch. Zulfikri.

BRI selaku sponsor resmi Liga 1 2023/2024 menyambut dengan baik dengan menjamurnya pelaku UMKM dari kalangan suporter. Hal itu membuktikan #BolaPemersatuBangsa. Sekaligus menaikkan kualitas BRI Liga 1 2023/2024 secara kompetisi dan bermanfaat bagi kalangan UMKM.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan bahwa BRI Liga 1 sukses menjadi penggerak perekonomian dan bahkan melahirkan efek berganda bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan BRI Liga 1 berhasil menjadi motor penggerak ekonomi khususnya di industri sepak bola nasional serta UMKM yang terlibat dalam industri sepak bola,” kata Sunarso. (RO/Z-7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu

berita

Lainnya

© 2024 Nusantara Expost Media. All rights reserved. Design by sukaweb.site